Rafi Muhammad (The other side of me)

Muhamad Ibnu Rafi – drummer , komposer, produser. Salah satu drummer muda terbaik Indonesia yang telah bermain bersama musisi jazz terkemuka Indonesia dan dunia sejak berusia 9 tahun.

Lahir di Jakarta, 3 Desember 1996 sebagai anak bungsu dari pasangan Bambang Wasono dan Indah. Mulai tertarik main drums sejak usia 6 tahun, pada tahun 2006 ia merekam album perdananya, “Can’t Stop the Beat” di Amerika Serikat dengan produser Harvey Mason. Album yang melibatkan musisi seperti Bob James, Nathan East, Paul Jackson Jr., Tom Scott, Michael Paulo, Paul Russo, dan Vann Johnson tersebut sebagian penghasilan dari penjualannya diserahkan kepada Unicef untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung di dunia. Hal ini membawanya berbincang-bincang dengan Direktur Eksekutif Unicef pada saat itu, Ann M. Veneman, di New York.

Memperdalam ilmu menabuh drums  dari drummer Indonesia, seperti Taufan Goenarso, Eddy Syahroni, Rayendra, hingga drummer jazz dunia, seperti Harvey Mason dan Dave Weckl.

Di usia mudanya, Rafi telah terlibat dalam beberapa album bersama grupnya, Rafi and the Beat dan Art of Tree, lalu sebagai formatur trio yang diprakarsai Indra Lesmana (pianis, keyboardis, komposer, arranger, music director, produser), LLW. Disamping itu, Rafi juga terlibat di album rekaman musisi lainnya.

Di usia kanak-kanaknya, Rafi mendapat beberapa penghargaan, termasuk sebagai musisi termuda yang penuh talenta dan ketika ia berusia 14 tahun, ia mendapat penghargaan sebagai produser termuda. Albumnya yang dilansir di Indonesia berkali-kali mendapat nominasi di ajang Anugerah Musik Indonesia.

Selain bermain dengan musisi Indonesia seperti Indra Lesmana, Benny Likumahuwa, Benny Mustafa van Diest, Barry Likumahuwa, Sri Hanuraga, Joey Alexander, Adra Karim, Eki Puradiredja, dan banyak lagi, Rafi juga pernah bermain dengan Yellow Jackets and Mike Stern, Bob James, Alex Acuña, Nathan East.

Saat ini, Rafi aktif bermain dengan grupnya Her Coat of Arm bersama Sri Hanuraga dan Adra Karim, serta merilis album solo dan album remix dari grupnya, Art of Tree yang melibatkan produser Opolopo, Daniel Crawford, Kan Sano, Daz i-kue (Bugz in the Attic), serta Larry Aswin.

 

 



Website