J.O.C (Jeffrey Tahalele , Oele Patiselano, Cendy Luntungan)

JOC terbentuk dari tahun 2006, dimulai sejak mereka menjadi mentor untuk Bale Jazz Community, yang diprakarsai oleh Jeffrey Tahalele.

JOC terdiri dari 3 musisi Jazz, yaitu Jeffrey Tahalele (Bass), Oele Pattiselanno (Gitar), dan Cendi Luntungan (Drum).

Ketiga musisi ini sudah tidak diragukan lagi di dunia musik Jazz Indonesia. 

 

Jeffrey Tahalele yang lahir di Surabaya, 7 Juni 1956, memulai karier bermusiknya sejak di Surabaya, hingga hijrah ke Jakarta. Sempat menjadi Session Player untuk beberapa penyanyi atau musisi, seperti Ruth Sahanaya, Erwin Gutawa Orchestra, Ikang Fawzi, Vina Panduwinata, dll. Lalu berguru pada Jack Lesmana, bergabung dengan Java Jazz (Indra Lesmana, dll), Jakarta All Stars (Idang Rasjidi, dll), Bubi Chen, Benny Likumahuwa, juga sempat berkolaborasi dengan Selena Jones saat menggelar konser di Jakarta. Selain itu juga menjadi Music Director untuk beberapa recording, di Jakarta maupun di Singapura (Sangaji Music), juga tampil di beberapa Jazz Festival yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri (North Sea Jazz Festival, Asean Jazz Festival, Batam Jazz Festival, Singapore Jazz Festival, Norwegia Jazz Festival, dll).

 

Oele Pattiselanno yang lahir di Malang, 22 April 1946, juga memulai karier bermusiknya sejak di Surabaya, hijrah ke Bandung, lalu ke Jakarta. Belajar gitar secara otodidak tidak membuatnya rendah diri terhadap musisi lainnya. Sempat membuat band yang membawakan lagu-lagu The Beatles pada tahun 1960-an, lalu membentuk band juga dengan kedua adiknya, Perry Pattiselanno dan Jack Pattiselanno, bernama Cressendo. Saat hijrah ke Jakarta, sempat berguru dengan Jack Lesmana, juga bergabung dengan Jazz Riders (Didi Tjia, dll), Benny Mustafa, dll. Selain itu juga mengisi musik untuk beberapa recording seperti Margie Segers, Rien Djamain, juga tampil di beberapa Jazz Festival yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri (North Sea Jazz Festival, Bangkok Jazz Festival, Vienna Jazz Festival, Umbria Jazz Festival, dll).

 

Cendi Luntungan lahir di Jakarta, 14 Agustus 1963 dengan nama lengkap Cendirandus Cornelis Luntungan. Pada umur lima tahun, ia mulai mengenal drum sungguhan milik grup musik hawaiian yang dikelola ayahnya. Pertama kali bergabung dengan grup musik pada 1969, dengan grup musik ayahnya, Kawanua Hawaiian Band. Waktu itu dia masih berumur lima tahun. Tahun 1974, ia masuk Institut Kesenian Jakarta (IKJ), kemudian masuk Yayasan Musik Indonesia (YMI) untuk mempelajari drum dan electone, pernah pula dia belajar teori musik di Bina Musika. Dia pernah bermain dengan Orkes Simfoni Jakarta. Musisi jazz yang mempengaruhi permainan drumnya adalah Billy Cobham, Steve Gadd, Dave Wakell, dan Tony William.Cendi bergabung dengan Jazz Riders pada 1983 bersama Didi Chia (piano), Oele Pattiselanno (gitar), Perry pattiselanno (bas), dan Sutrisno (saksofon). Jazz Rider-lah yang pertama kali membentuk Cendi menjadi musisi Jazz. Sebelumnya, dia bergabung dengan grup Nick Mamahit Combo. Pada 1986, Cendi bersama Jack Lesmana, Indra Lesmana, dan Embong Rahardjo tampil dalam ASEAN Singapore Jazz Festival.

 

Dalam beberapa penampilan mereka, JOC mereka kerap berkolaborasi bersama musisi-musisi atau penyanyi-penyanyi, diantaranya Dira Sugandi (Vocal), Olive Latuputy (Vocal), Bertha (Vocal), Iwan Wiradz (Percussion), Arief Setiadi (Saxophone), Glen Dauna (Piano), dll.

Sejak tahun 2007 mereka menjadi Home Band untuk Jam Session di acara Java Jazz Festival. Juga beberapa kali mewakili Indonesia untuk tampil di acara Jazz yang diadakan diluar Indonesia.

 

Pada Java Jazz Festivalkali ini, JOC akan tampil dan berkolaborasi bersama beberapa musisi jazz Indonesia.



Website