SIMAKDIALOG

 

Riza Arshad (R.I.P 1962 - 2017) – founder/piano/synths -

Cucu Kurnia - Sundanese Kendang/metal percussion

Rudy Zulkarnaen - upright acc/electric bass

Mian Tiara - voice & ketuk 

Kolaborasi 

Sri Hanuraga – piano & synths 

Tohpati - Guitar

Perjalanan kreatif kelompok musik simakDialog telah memasuki usia ke-24 tahun. Konsep 'west meet southeast' yang dimainkan mereka adalah campuran 'jiwa' jazz dalam pola ritme kendang Sunda dan pengaruh genre lainnya, seperti klasik, neo klasik, dan Timur Tengah. 

Berpulangnya keyboardis & komposer Riza Arshad di awal 2017 tidak membuat kegiatan grup ini terhenti. Para personilnya sepakat untuk meneruskan konsep bermusik dan berproses yang telah dibangun oleh founder simakDialog lebih dari 2 dekade. Mereka berharap proses dan konsep seperti ini bisa berlanjut menjadi suatu pakem bermusik yang banyak dimainkan di Indonesia. 

Riza Arshad membentuk simakDialog bersama Arie Ayunir (drummer yang juga merupakan pendiri grup musik ‘POTRET’) pada tahun 1993 -- di tahun yang sama gitaris Tohpati Ario Hutomo bergabung. Sepeninggalan Arie ke Amerika tahun 2001, Riza membawa simakDialog berinovasi dengan menggunakan instrumen kendang Sunda sebagai pengganti instrumen drum. Mereka kemudian fokus pada harmoni dan struktural yang lebih 'dikenal secara umum' dan penekanan pada pola ritme kendang pencak yang lebih kentara. Penggunaan kendang sunda ternyata menjadi daya tarik utama grup musik jazz ini yang pada akhirnya membawa warna musik simakDialog menjadi bagian dari scene musik dunia. 

Di beberapa kesempatan ke depan, simakDialog akan dibantu oleh pianis Sri Hanuraga, yang cara permainannya selama ini disukai oleh Riza karena ketertiban Hanuraga terhadap harmoni dan ide. Bagi Hanuraga, suatu kehormatan yang luar biasa diajak bergabung dengan simakDialog untuk menggantikan Riza; musik simakDialoglah yang menginspirasinya untuk menekuni music jazz. 

Hanuraga telah mengenal Riza sejak tahun 1997 di sebuah acara ribute Emerson Lake & Palmer. Menurut Hanuraga, secara musik Riza Arshad memiliki gaya dan komposisi yang original serta memiliki visi yang jauh ke depan. Hanuraga juga kagum akan dedikasi, keberanian dan ketulusan Riza dalam bermusik. “Senior yang rendah hati, selalu menempatkan dirinya sejajar dengan junior dan tidak pernah sekalipun menggurui”. 

Hingga saat ini, simakDialog telah mengeluarkan 7 album. Dimulai dengan album ‘Lukisan’ di th 1995, lalu berturut-turut ‘Baur’ (1999), ‘Trance/Mission’ (2002), ‘Patahan’ (2005) sebagai debut internasional mereka di tahun 2007 dengan distribusi di seluruh dunia oleh MoonJune Records - USA, ‘Demi Masa’ (2008), ‘The 6th Story’ (2013), serta ‘Live at Orion’ (2014) dan akan menyusul ‘Gong’ (tbc, 2017). 

Mereka telah memenangkan beberapa piala dari Anugerah Musik Indonesia (Indonesian Music Awards) 2014, yaitu dari kategori PENAMPIL DUO/GROUP JAZZ VOKAL & JAZZ INSTRUMENTALIA dan katagoris ALBUM JAZZ VOKAL & JAZZ INSTRUMENTALIA melalui karya 'Stepping In' yang diangkat dari album ‘The 6th Story’. Penghargaan ini menjadi catatan prestasi kedua mereka di ajang AMI Awards karena pada penyelenggaraan tahun 2003, simakDialog meraih penghargaan Best Contemporary Jazz Album (‘Trance/Mission’) dan Best Jazz/Contemporary Jazz Producer (Riza Arshad). Pada 2008 album 'Demi Masa' menjadi sebagai salah satu calon album terbaik di Italia Progressive Music Award 2010. 

Selain merilis album, bagi para personilnya pertunjukan adalah sarana upaya simakDialog mengusung konsep bermusiknya untuk dibagi ke pendengar. Mereka telah melakukan lawatan pentas ke manca negara, di antaranya: USA Tour tahun 2013-2014, Jepang (Promenade Jazz Fest di Yokohama dan solo konser di Tokyo), Hongkong & China Tour 2014 (HK Int. Jazz Festival, Beijing dan Zhuhai), Jerman (JazzAHead!, Bremen 2012), Nepal (Kathmandu Jazz Fest 2004 dan 2010), Malaysia (solo konser di Gedung Filharmonik Petronas KL 2002 dan MIRI Jazz Fest 2009). 

simakDialog di konsernya menampilkan empat pemusik, yaitu keyboardist, bassist, pemain kendang Sunda /metal toys, dan voice. 

http://www.simakdialog.com/

(Sumber : Dokumentasi SIMAKDIALOG - Foto oleh Wira Hardiprakoso)

 



Website